Sepuluh Ungkapan Populer Orang Jepang

Kali ini gw akan membahas ekspresi atau ungkapan2 bahasa jepang yang sering didengar kalo lagi nonton anime/film jepang. Banyak kata2 yang terucap dari mulut kita sebagai ekspresi atas setiap kejadian dan situasi sehari-hari. Ayo baca dan kuasai beberapa kata dan kalimat ekspresi berikut ini :
Kimochi
1. Ah, sō desu ka / sou desu ka (arti: Oh, I see)
Katakan “A, sō desu ka” setiap kali teman ngobrol kamu membicarakan sebuah informasi yang baru. Kamu harus biasakan untuk menjawab dengan “A, sō desu ka” dan juga jangan lupa untuk mengangguk (isyarat setuju/mengerti). Kalau kamu sudah biasa atau sering berbicara dengan orang Jepang (Nihon~jin), kamu bisa saja mengucapkan kalimat ini hingga 200 kali setiap jamnya. Waw !
2. Hontou (arti: Really ?; Sungguh ?; Yang bener ?)
Katakan “Hontou” untuk memastikan apa yang baru saja kamu dengar dari lawan bicaramu. Misalnya rekan kerjamu mengatakan kalau dia barusaja menikah dengan Bosmu, ataupun pacarmu yang mengatakan sebuah janji manis kepadamu (^o^). Bagaimana kalau ada teman yang berkata ingin memberikan suatu barang miliknya untuk menjadi milikmu ? Maka kantakanlah “Hontou”sebelum kamu mengucapkan terimakasih. Ekspresi ini akan sering kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari karena ada banyak hal-hal tak terduga yang terjadi setiap hari.
3. Yatta (arti: I did it!)
Ucapkan “Yatta” ketika kamu barusaja menyelesaikan sesuatu hal yang besar, mendapatkan kesempatan yang sangat bagus, mendapatkan pekerjaan, lulus dalam sebuah test, atau kamu barusaja menjadi pemenang dan masih banyak lagi situasi-situasi yang lainnya. 

 
4. Zenzen (arti: Not at all; Gak juga)
“Zenzen” adalah kata yang digunakan sebagai bentuk penolakkan atau sangkalan. Misalnya apabila ada seseorang yang bertanya “Apakah aku mengganggumu ?” jika memang tidak mengganggu, katakanlah “Zenzen” dan gelengkanlah kepalamu. Contoh lain misalnya ketika pacarmu bertanya apakah kamu mengerti penyebab dia menjadi marah, kalau kamu tidak tahu maka katakan saja “Zenzen” (kalau kamu berani :p).
5. Nani (arti: What ?; Apa ?)
Karena “Nani” adalah kata tanya, gunakanlah ketika kamu tidak mendengar atau tidak mengerti apa yang seseorang katakan padamu. Bisa juga kamu menggunakan kata ini karena tidak percaya atau tidak suka akan suatu hal yang kamu dengar. Misalkan ada temanmu yang bicara kalau dia baru saja menghilangkan buku favoritmu, pasti kamu akan mengatakan “Nani!?”.
 
6. Yappari (arti: I knew it would happen; Sudah kuduga)
Saat kamu mempunyai dugaan atau kecurigaan yang akan terjadi, dan dugaan tersebut benar-benar menjadi kenyataan, pada saat itulah kamu bisa mengatakan “Yappari”. Contohnya, suatu pagi, hujan turun sangat deras, dan kamu sudah berada di sekolah tapi seorang temanmu yang rumahnya agak jauh belum juga datang, kamu pun berfikir kalau dia pasti tidak bisa berangkat karena hujan deras. Tiba-tiba temanmu itu menelepon dan mengatakan kalau dia tidak bisa masuk sekolah hari ini karena hujan, nah ! itulah saatnya kamu katakan“Yappari”.
 
7. A, bikkurishita (arti: What a surprise !)
Yap, katakan “A, bikkurishita” saat kamu merasa sangat terkejut. Kalau kamu sering mendapatkan sebuah surprise dari orang-orang terdekatmu, kamu bisa mengatakan “A, bikkurishita” setelah mereka memberikan surprise tersebut.
8. Dō shiyō / Dou shiyou (arti: What shall i do ?; Apa yang harus ku lakukan?;)
Panik ! Ya, saat kamu sedang panik dan tidak tau harus berbuat apa, katakanlahDō shiyō” berulang kali, dōshiyō dōshiyō dōshiyō. Dan kamu sekarang seperti sedang mengalami masalah besar, ada apa ? Apa kamu barusaja salah mengirimkan sms untuk pacarmu ?
9. Mochiron (Of Course!; Tentu saja)
Ini adalah ucapan yang paling sering digunakan orang-orang yang yakin. Gunakanlah saat kamu benar-benar yakin 100% atas pendapatmu. Jika kekasihmu bertanya “apakah kamu benar-benar ingin menikah denganku ?” jawablah “Mochiron” dan berikan alasanmu kepadanya.
10. A, yokatta (arti: Oh, good; syukurlah)
Katakan “A, yokatta” ketika kamu merasa lega, tenang dsb. Kalau kamu adalah Mr. atau Mrs. Cemas, kamu bisa saja mengatakan kata ini sampai belasan kali dalam sehari. Contoh :
a – Apakah aku tadi sudah mengunci semua pintu di rumah ?
b – Iya, kamu sudah mengunci semuanya
a – “A, yokatta” (perasaan lega)
Oke, sudah 10 bentuk ekspresi yang dijelaskan. Diatas gak ada kata “kimochi” dan kawan2 ya, klo mau denger kata/ungakapan itu  harus nonton anime/film dewasa jepang dulu :p
Terimakasih atas kunjungannya , Ja na minna san!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s