Me & Basketball (2)

Sore guys,,

Ini lanjutan cerita tentang basket yg minggu lalu udah gw tulis, buat yg belum baca buka aja nih Me & Basketball (1). Beberapa bulan setelah kelas gw juara 1 basket di classmeeting, gw masuk SMA. Sekolah SMA gw mewajibkan 1 tahun asrama buat anak kelas 10. So that’s mean setiap sore gw bisa maen basket trus bareng temen2 SMA gw. Jadi yang setiap hari ditunggu setiap pulang sekolah itu ya maen basketnya. hahaha But in my school, gak ada yang namanya ekskul basket, kegiatan ekskul dilaksanakan setiap hari kamis ba’da zuhur. Karena semua kegiatan olahraga dilakuin setiap hari sabtu yg bernama KakaSeniOr (Kegiatan Ekstra Seni dan Olahraga). Tetapi ada senior ekskul gw yg ngajakin latihan basket abis jam ekskul. Ternyata SMA gw jg punya tim basket walaupun bukan kegiatan resmi dari sekolah, kita bayar pelatih sendiri, beli bola sendiri, sampe benerin lapangan dan ring sendiri. Jadwal latihannya setiap selasa kamis jam 4 sore dan minggu pagi (latihan fisik). 

Pertama latihan gw sangat excited, akhirnya gw latihan basket dengan pelatih lagi sejak tragedi SMP dulu. Temen2 kelas 10 yang ikut latihan juga rame. Emang beda kelas SMA dan SMP, beberapa temen SMA gw udah rutin ikut turnamen dr SMP dan beberapa juga ada yang bener2 baru di basket. Jadi yang udh ngerti saling ngajarin ke temen yg newbie setiap sore pas gak ada latihan. Jadi makin banyak temen2 gw yg bisa basket dan mulai suka sama basket. Walau gak ada seleksi anggota tim kayak SMP dulu, tetep aja mulai berkurang 1 demi 1 oleh seleksi alam. Mulai dari yang males latihannya krn terlalu keras, gk ada waktu latihan krn les, dll.

Bina Darma Cup 2009

Beberapa bulan berikutnya mulailah turnamen basket resmi pertama gw. Waktu itu cuma 3 orang anak kelas 10 yg masuk tim, karena anak kelas 12 nya masih boleh ikut turnamen. Di pertandingan pertama Sekolah gw menang. Dan maju ke babak berikutnya. Kali ini kita ketemu juara Bertahan, yaitu SONS (Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya). Sekolah yang emang nyiapin pemain2nya untuk jadi atlet. So hasilnya udah jelas, SMA gw dibantai 42-8 (gw nyetak 2 poin). Dan jelas Tim SONS yang jadi juara dan setelah itu mereka dilarang ikut kejuaran basket SMA lagi karena selalu menang dan beda kelasnya jauh dengan Tim SMA lainnya.   

Beberapa bulan berikutnya ada turnamen terakhir yang bisa diikuti anak kelas 12 sebelum mereka fokus UAN dan SNMPTN yaitu Walikota Cup 2007. Di turnamen kali ini kita maen full tim (12 orang) dengan komposisi 5 org kelas 10, 4 org kelas 11, dan 3 org kelas 12. Di pertandingan pertama kita diremehin tim musuh dgn suporter mereka yang teriak2 “Pulang aja sana belajar!” karena emg sekolah gw Sekolah Unggulan di akademik dan memang sebelum2nya gak ada nama di kancah perbasketan SMA. And the result, Sekolah gw berhasil menang telak 36-3 (3 point gak sengaja). Di pertandingan kedua ada kejadian unik, jersey tim musuh motif dan warnanya mirip dengan jersey SMA gw. Dan wasitpun menyarankan salah satu dari kita untuk ganti jersey. Sebelum pertandingan SMA, yg maen tim SMP dan itu SMP gw dulu yang masih dilatih sama pelatih yg dulu ngusir gw. Pelatih dan temen2 SMA gw nyuruh gw pinjem jersey SMP gw tanpa mereka tw hubungan buruk gw dengan sang pelatih. So gw beraniin diri ngomong sama pelatih buat pinjem jersey mereka, dan pelatih langsung nyuruh anak2 ngumpulin jersey mereka ke gw. Pas gw balik ke dalem lagi ternyata gak jadi karen tim musuh memiih makek kaos warna putih. #Damn udah muka tembok buat minjem jersey, udah dapet malah gk jadi dipakek. Ywdh lgs gw balikin lagi ke Tim SMP gw untungnya malem itu kita menang dan lanjut ke babak 8 besar. Pertandingan berikutnya kita ketemu lawan tangguh, tim kandidat juara turnamen. Dan bener kita kalah walau skornya gk terlalu beda jauh. Dan tim mereka berhasil juara 2 Walikota Cup 2007.

Gw naek kelas 11 dan gk wajib tgl di asrama lagi. Tapi tetep setiap pulang sekolah gw dan temen2 maen atau latihan basket.  Anak2 kelas 12 udah pada lulus dan kita juga udah ada junior baru anak kelas 10 di tim. Di tahun 2008 dibuka dengan turnamen pemanasan sebelum event pertama Honda DBL 2008 di palembang. Tapi sygnya gw sakit pada hari pertandingan. kita langsung ketemu juara bertahan Walkot 2007 sih (selalu gak bagus klo drawing).  Dan di februari 2008 ada event basket SMA yg mewajibkan harus ada tim cheernya di setiap pertandingan, pelatih dan official haru makek baju formal, dan Ada themesong basket di pertandingannya (serasa pertandingan pro :p). Nyaris sekolah gw gak daftar turnamen ini karena kuota terbatas hanya untuk 32 Tim dan persyaratan pendaftarannya ribet bgt. Untunglah di sekolah gw ada anaknya dirut koran Sumeks yg merupakan sponsor dan eo turnamen tersebut. Jadi tim dr sumeks yang dtg ke sekolah gw, mereka yg ngedata nama2 pemain, mereka yg ambil foto kita 1 persatu untuk nametag, dll (pokoknya fix ikut dan tgl tunggu jadwal maen aja). hehehe…  

Dan hari pertandingan pun dimulai kita maen di hari pertama pertandingan ke-4 klo gak salah, yg pasti maennya malem abis magrib. Di pertandingan pertama kita ketemu musuh yang mudah dan berhasil menang telak. Sayang di pertandingan itu kaki gw keseleo di quarter terakhir. Pas pulang kerumah gw langsung ke tukang urut biar bisa maen di pertandingan kedua. karena masih pertandingan awal jadi masih ada jeda 1 hari untuk pertandingan berikutnya, so gw bisa ikut tanding di pertandingan ke2. Lawan kita di pertandingan ke2 ini SMA dari Banyuasin (kapubaten di sumsel). Kita buta bgt sama ini sekolah, pas pemanasan sebelum pertandingan mereka juga malah merokok. Jadi kita agak meng-underestimate tim mereka. Kita salah ternyata mereka jago dan strateginya juga bagus, d quarter pertama kita ketinggalan 8-0. Tapi kita mulai nyusul di quarter 2 dan 3. Di awal quarter 4 kita berhasil unggul dari mereka dgn skor 24-20.  Selama q1-4 kita belum ada pergantian pemain so starting member mulai kehabisan stamina di q4 termasuk gw yg saat itu kaki gw juga masih belum 100% pulih. Kita udah ngebayangin menang pertandingan ini dan bakal menang mudah lagi di pertandingan berikutnya karena kita udah pernah menang melawan tim yg udah nunggu di babak berikutnya. 

Honda DBL

Saat itu mulai tim musuh maen kasar dan mancing emosi tim kita, 1 guard gw kepancing dan harus keluar krn foul out. Kita mulai maen kacau sampe 1 menit terkahir musuh bisa nyamain skor jadi 32-32. Pelatih ngambil time out krg dr 1 menit sisa pertandingan. Pelatih yg juga senior kita (anak kelas 12) ngasih instruksi maen tenang dan keep ball, kalo ada kesempatan baru drive. Tp pemain center tim gw gak tenang dan ngelakuin 3 point krn ingin mastiin kemenangan tim. Bolanya gk masuk musuh berhasil rebound dan pass break. Kita ketinggalan 1 bola di sisa 38 detik lagi, mulai gk tenang dan buru2 saat nyerang dan musuh yg juga udah maen kasar, mereka berhasil cut dan pass break lagi. Skor 36-32 dgn sisa waktu krg dr 10 detik, dan akhirnya kita kalah dan perjuangan tim gw di DBL terhenti.😦

Di akhir kelas 11 gw dan beberapa temen gw  mewakilin Kecamatan domisili SMA gw untuk pertandingan POPDA 2008 (Pekan Olahraga Pelajar Daerah). Ada juga anak dr SMA lain, dan anak SMP karena pelatih tim kecamatan gw adalah pelatih basket Tim SMP. Makanya dia ngajak beberapa anak SMP dia untuk masuk tim, sedikit nepotisme sih tp secara skill mereka emg bagus2 dan badannya juga masih bisa bersaing dgn anak2 SMA tapi mentalnya masih kurang krn yg akan mereka lawan ialah anak2 SMA. Alhasil Tim kita cuma bisa sampe babak semifinal. Dan itulah turnamen penutup di kelas 11.

Di tahun terakhir gw di SMA, udah mulai berkurang maen basketnya karena udah mau fokus UAN dan test masuk perguruan tinggi. DBL 2009 SMA gw langsung kalah di pertandingan pertama. Dan di POPDA 2009 gw masih diajak dan kali ini gw berhasil bawak Tim kecamatan gw juara 3. Di akhir tahun kelas 12 ada classmeeting pertandingan basket antar kelas. Dan jelas juara 1 dan 2 nya anak2 tim kelas 12 (tiap angkatan ada 2 tim). 

Dan itulah cerita basket gw selama di SMA. Dan kalo ada waktu luang lagi di sela kerja gw lanjutin part terakhir Me & Basketball(3) yang nyeritain basket gw di kuliah sampe saat ini. hhe.. Oke. Thanks buat yang udah baca, semoga bisa diambil hikmah dr cerita gw (kalo ada). ^_^

~ @ariloszone ~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s