Slamdunk, manga yang merubah industri manga dunia.

Konbanwa minna,,,

Udah 2 tahun lebih blog ini dibuat, ternyata ada beberapa menu kategori yang belum ada isinya. Dan salah satunya ialah kategori Manga. :hammer Sebelumnya udah pada tw kan apa itu manga ??

Manga  merupakan komik yang dibuat di Jepang, , kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang, sesuai dengan gaya yang dikembangkan di Jepang pada akhir abad ke-19. Kata tersebut memiliki prasejarah yang panjang dan sangat rumit di awal Kesenian Jepang.  Mangaka (漫画家) (baca: man-ga-ka, atau ma-ng-ga-ka) adalah orang yang menggambar manga. Di Jepang, orang dari segala usia membaca manga. Media mencakup karya dalam berbagai genre: aksi-petualangan, asmara, olahraga dan permainan, sejarah drama, komedi, fiksi ilmiah dan fantasi, misteri, detektif, horor, seksualitas, dan bisnis / perdagangan, dan lain-lain.. lebih detailnya cek aja kesini atau kalo mw tw proses dibuatnya manga sampe diterbitin dan jadi anime bisa baca aja manga Bakuman. karena pada postingan pertama ini, manga yang akan gw bahas ialah manga tentang basket yg udh melegenda yaitu SLAMDUNK.

Manga SlamDunk

Shohoku Basketball Team

Slam Dunk (スラムダンク) adalah sebuah manga sepanjang 31 jilid yang dikarang oleh Takehiko Inoue tentang sebuah tim bola basket dari SMA Shōhoku. Manga ini sangat populer di Jepang – banyak remaja di sana mulai bermain basket setelah membaca komik ini. Slam Dunk muncul pertama kalinya dalam majalah manga Weekly Shonen Jump. Di Jepang, komiknya diterbitkan oleh Shueisha dari tahun 1990 hinga 1996, sementara di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sebelum diterbitkan Elex, komik ini pernah pula diterbitkan oleh Rajawali Grafiti, meskipun kemungkinan besar tanpa lisensi resmi. Anime berdurasi 101 episode kemudian diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation dan diikuti oleh 4 film animasi layar lebar. Slam Dunk menjadi fenomena di Jepang, karena berhasil menjadi salah satu komik yang mengangkat tema permainan bola basket; yang saat itu dianggap tidak lazim untuk dijadikan tema sebuah komik. Alur cerita yang menarik serta penggambaran tokoh-tokoh dengan karakteristik yang unik, membuat Slam Dunk digemari remaja di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Inoue sendiri bahkan dinobatkan oleh Oricon sebagai salah satu mangaka yang merubah sejarah industri manga di dunia. Amazing kan, kekuatan komik ini bukan cuma di rivalitas Sakuragi dan Rukawa, dalam cinta segitiganya dengan Haruko Akagi keluarbiasaan komik ini adalah karena Hanamichi Sakuragi dkk berhasil membuat olahraga Basket menjadi sangat populer di Jepang. Saking fenomenalnya, banyak teknik, aturan dan taktik dalam basket di SLAMDUNK dijadikan acuan pelatihan basket pemula dengan menyisipkan karakter Dr. T yang suka ngasih penjelasan dasar2 basket dan aturan2 basket di komik ini. SLAMDUNK membuka wawasan, menggugah semangat sehingga berhasil merubah persepsi rakyat Jepang terhadap olahraga Basket sampai sekarang. Dan pada akhirnya, SLAMDUNK bukan hanya merubah peta industri manga, tapi merubah peta olahraga di negara Jepang!

So? Masih berfikir kalau manga hanya berfungsi untuk hiburan semata?

Nope, SLAMDUNK membuktikan kalau manga-pun juga bisa merubah sejarah, karena tanpa SLAMDUNK, basket di jepang tidak akan sepopuler sekarang. Begitupun di INDONESIA, banyak anak2 yang termotivasi bermain basket krn manga ini (gw juga termasuk). Slam Dunk pertama kali muncul di Indonesia justru dalam format animasi. Ditayangkan pertama kali oleh TV7 pada sekitar tahun 2003. Barulah kemudian format manga-nya diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Slam Dunk kemudian menjadi tontonan dan bacaan yang dibaca cukup banyak pencinta animasi. Semenjak saat itulah popularitas permainan bola basket mulai melejit di Indonesia, meskipun masih kalah jauh dari popularitas sepakbola. Satu hal yang mungkin belom banyak orang tau, beberapa karakter Slam Dunk memiliki kemiripan dengan pemain NBA sampai pada masa itu (tahun 1990). Beberapa karakter juga diciptakan sejalan dengan dinamika di NBA. Contohnya Takenori Akagi = Patrick Ewing, Kaede Rukawa = Michael Jordan, Hanamichi Sakuragi = Dennis Rodman, dll. Para pencinta permainan bola basket pasti akan langsung sadar bahwa jerseyyang dikenakan Shohoku sangat mirip dengan jersey tim basket NBA, Chicago Bulls. Yap, sebagian besar tim basket yang muncul di komik ini merupakan ‘representasi’ dari tim basket sungguhan, yaitu tim-tim basket dari NBA. Salah satunya adalah Shohoku.

Jalan cerita

Slam Dunk mengisahkan tentang seorang murid kelas 1 di SMA Shohoku yang bernama Hanamichi Sakuragi. Sakuragi merupakan seorang berandalan kelas berat yang semasa SMP ditolak wanita sebanyak 50 kali. Inilah yang kemudian membuatnya membenci olahraga basket (dia pernah ditolak seorang wanita yang lebih memilih berpacaran dengan seorang pemain basket ketimbang berandalan seperti Sakuragi). Pertemuannya dengan Haruko Akagi secara perlahan mampu membuat Sakuragi mencintai permainan bola basket yang dulu ia benci. Perjuangan Sakuragi dan Shohoku mengarungi berbagai pertandingan dan berhadapan dengan lawan-lawan tangguh, membuat alur cerita Slam Dunk menjadi menarik untuk disimak. Mangaka Slam Dunk, Takehiko Inoue, menggambarkan berbagai adegan dengan ilustrasi yang menarik. Inoue juga menggambarkan berbagai karakter didalamnya dengan menggunakan proporsi tubuh yang tepat, suatu hal yang nampaknya jarang ditampilkan pada manga lain di zaman itu.

Tokoh-tokoh utama

  • Hanamichi Sakuragi (H: 189 cm W: 83 kg)

Hanamichi Sakuragi

Tokoh utama komik ini. Pada awalnya Sakuragi tidak menyukai basket karena dia pernah ditolak seorang gadis yang lebih menyukai anak basket, tetapi setelah bertemu dengan Haruko Akagi (adik perempuan Takenori Akagi) dia mati-matian berusaha agar diikutkan dalam tim basket Shohoku. Ternyata setelah masuk dalam tim basket, Hanamichi mulai berulah dengan bersaing dengan Rukawa, seorang Ace di bidang basket, Sakuragi sangat ingin bersaing dengannya karena Haruko meyukai Rukawa, sehingga Hanamichi menganggap Rukawa adalah musuh bebuyutan. Sakuragi selalu berusaha mencari perhatian Haruko sehingga kadang-kadang tingkahnya sangat konyol, dan juga sering menganggap dirinya jenius,belum lagi ulahnya pada anggota tim basket SMU lain. Meskipun demikian, Hanamichi dikagumi karena kemampuan belajarnya yang sangat cepat. Sempat mengalami maju mundur dalam proses adaptasi, akhirnya Sakuragi menguasai senjata andalannya, yaitu rebound. Sakuragi juga mempelajari lay up, inside scoring, hingga jump shoot. Progres yang dialaminya sangat pesat hingga berhasil membantu Shohoku menjadi juara ke-2 se-Kanagawa. Sakuragi merupakan kebalikan dari Rukawa; kalau Rukawa adalah seorang pemain yang offensive minded, Sakuragi justru defensive minded, dalam hal rebound, Sakuragi merupakan nomor 1 se-Kanagawa. Sifatnya yang meledak-ledak serta arogan terkadang membuat risih orang lain, tapi justru sifatnya inilah yang terkadang bisa menaikkan moral tim Shohoku ketika sedang terjatuh. Diceritakan bahwa Sakuragi jatuh cinta kepada Haruko Akagi–adik Takenori Akagi–namun sialnya, Haruko justru tergila-gila pada Rukawa.

  • Kaede Rukawa (H: 187 cm W: 75 kg)

 Kaede RUkawa

Kaede Rukawa merupakan pemain yang jenius. Diketahui bahwa semenjak SMP Rukawa merupakan Ace yang terbiasa mencetak banyak poin di pertandingan. Dan jadi rebutan pelatih basket SMU di Kanagawa ttp Rukawa lebih memilih untuk masuk SMU Shohoku karena sebuah alasan yang sepele; jarak yang dekat dari rumah. Rukawa merupakan aset berharga untuk Shohoku, terbukti dia membuat rataan sebanyak 30 poin per-pertandingan pada kejuaran di Kanagawa. Shooting, finishing, drive, dribbling merupakan keahlian Rukawa. Kelemahan Rukawa terletak pada kemampuan defensenya dan konsistensi permainan. Saat pertandingan melawan Kainan, Rukawa berhasil mencetak 25 poin di babak pertama, namun hanya mampu mencetak 6 poin pada babak kedua karena kelelahan. Sekalipun begitu, Rukawa tetap masuk dalam 5 pemain terbaik se-Kanagawa.

  • Takenori Akagi

 

Takenori Akagi

Kapten tim basket Shohoku ini sangat berbakat & terkenal di daerah (kanagawa} sebagai center terkuat. Takenori sangat menyukai basket bahkan hampir memujanya, sebenarnya ambisinyalah untuk memajukan tim basket Shohoku hingga ke ajang nasional, tetapi Takenori & tim basket Shohoku belum pernah memenangkan pertandingan hingga tahun terakhirnya di SMU dia memiliki anggota tim basket yang hebat (walau menyusahkan). Takenori lebih sering dipanggil ‘Gori’ atau ‘Gorilla’ karena fisiknya yang menyerupai gorila. Panggilan ini berasal dari Mitsui pada saat pertandingan latihan pertama mereka. Tapi,kemudian Hanamichi memopulerkan sebutan ini lagi,padahal sebelumnya dia tidak tahu Akagi sering disebut Gorilla. Selama dua tahun pertama di Shohoku, Akagi gagal membawa Shohoku berprestasi, sampai akhirnya, di tahun ketiganya, barulah Akagi mencapai puncak kejayannya di Shohoku bersama dengan Mitsui, Miyagi, Sakuragi, dan Rukawa.

  • Haruko Akagi

 

Haruko Akagi

Seorang gadis manis yang juga menyukai basket seperti kakaknya (Takenori Akagi). Dialah yang pertama memperkenalkan Sakuragi kepada basket, walau awalnya Sakuragi mengikuti basket karena suka pada Haruko, tetapi setelah melewati berbagai proses akhirnya Sakuragi benar-benar menyukai basket. Haruko sendiri sebenarnya menyukai Rukawa, tetapi kemudian dia tahu kalau cintanya bertepuk sebelah tangan.

  • Mitsui Hisashi (H: 184 cm W: 70 kg) 

 

Hisashi Mitsui

From hero to zero to hero, again. Istilah tersebut mungkin cocok dilekatkan pada karakter yang satu ini. Mitsui merupakan MVP ketika SMP, kemampuan utamanya adalah dalam shooting dan bertahan. Pernah menjadi MVP pada waktu SMP, membuat nama Mitsui terkenal. Alasan masuk shohoku adalah untuk membalas budinya kepada pelatih Shohoku, Pak Anzai. Pak Anzai inilah yang menyemangati Mitsui ketika pertandinagn final tingkat SMP. Digadang-gadang sebagai bakal calon bintang Shohoku, Mitsui justru mengalami cedera parah yang membuatnya harus absen dari dunia basket untuk sementara waktu. Karena cedera Mitsui harus menjalani terapi dan perasaan irinya pada Takenori membuatnya sempat membenci basket, hingga berkeinginan untuk menghancurkan tim basket tempat dia berlatih, di SMU Shohoku, tetapi setelah bertemu Pelatih Anzai kembali, dia memutuskan untuk memotong rambutnya dan bergabung kembali di tim basket Shohoku. Setelah bergabung kembali dengan tim basket Shohoku, Mitsui menjadi salah satu pemain utama Shohoku yang terkenal dengan lemparan tiga angkanya, sekalipun dia sering kehabisan stamina di akhir pertandingan. Mitsui juga dikenal sebagai pemain yang hebat di saat genting

  • Ryota Miyagi (H: 168 cm W: 59 kg)

 

Ryota Miyagi

Dikenal sebagai ‘point guard’sejak SD, yang memiliki kecepatan. Mantan anak berandal yang suka berkelahi, dia adalah cowok No-2 tersial setelah Sakuragi, karena sering di tolak perempuan. Dia telah lama menyukai Ayako dan akan sangat kesal jika ada laki-laki lain yang dekat dengan Ayako. Bahkan, Ryota pernah berkelahi dengan Hanamichi, karena mengira Hanamichi pacar Ayako. Pada awalnya Ryota Miyagi adalah seorang pembuat masalah–meskipun tidak seagresif Sakuragi–yang sempat mengacaukan kondisi tim basket Shohoku. Puncaknya adalah konfrontasi antara geng Mitsui dengan tim basket Shohoku. Selepas kejadian itu, Ryota perlahan berubah menjadi pribadi yang berkepala dingin. Ryota berposisi sebagai point guard Shohoku. Kecepatan, kemampuan dribel dan passing yang baik membuatnya menjadi salah satu point guard terbaik di prefektur Kanagawa. 

  • Kogure Kiminobu

 

Kogure Kiminobu

Kogure adalah wakil kapten tim Shohoku, sekalipun begitu Kogure lebih sering duduk di bangku cadangan dan memberikan semangat pada tim. Penampilannya yang lemah membuatnya sering diremehkan tim lawan. Meskipun tidak sehebat Mitsui, kemampuan menembak tiga angkanya juga bisa diandalkan di saat-saat krisis.

  • Ayako

 Ayako

Manajer tim basket Shohoku yang cantik dan penuh semangat. Dia dianggap menjadi pahlawan wanita tim Shohoku dan tidak segan-segan memarahi anggota tim basket yang tidak memberi salam dengan semangat, sekalipun anggota tim basket itu adalah kakak kelasnya.

  • Anzai Mitsuyoshi

 

Anzai Sensei

Disebut sebagai ‘Buddha berambut putih’ karena pembawaan yang kalem. Padahal dulu waktu menjadi pelatih basket di universitas dikenal sebagai pelatih yang keras dengan julukan ‘The White Devil’. Perubahan ini dikarenakan Anzai sedih, pemain harapannya, pergi ke Amerika dan meninggal karena kecelakaan disana. Pelatih Anzai sering ditakuti pelatih tim lain karena strategi cerdiknya.

Ya jadi itulah kira2 sekilas tentang manga slamdunk, buat yang ngakunya anak basket tp gk tw komik ini wajib baca dah, dijamin setiap abis baca jd pengen latian.. sekarang elex lagi juga lagi ngelurain terbitan kedua komik ini, gak tw udh sampe volume berapa, soalnya harga komik sekarang agak mahal lagipula gw udh ada lengkap dari yg terbitan pertama elex. Tapi jgn kuatir jaman udah canggih gini, kalian bisa baca komik ini online di bbrp situs, contohnya ini. Oke Sekian untuk postingan kali ini ya.

oh iya gw juga sekarang lagi buka pre order jersey shohoku full reversible (bolak-balik) red & white. buat yg minat bisa langsung ke TKP.

Keep Cool and Keep Healthy 

~@ariloszone~

sumber 1, sumber2, sumber3

One response to “Slamdunk, manga yang merubah industri manga dunia.

  1. Pingback: Me & Basketball (1) | Arilo's Zone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s