Me & Basketball (1)

Hi minna.. Ogenki desuka ???

Gak kerasa udah setahun lebih gak nge blog, sampe banyak sarang laba2 gini blog gw.  hahaha

oke langsung aja utk postingan pertama gw di 2014 ini gw mau cerita ttg awal pertemuan gw sama soulmate gw yg namanya basuket borru atau bahasa palembangnya “Basketball”. Post ini terinspirasi krn gw lagi dengerin soundtrack drama basket sambil baca komik basket, dan yg paling penting krn di kantor juga lagi gak ada kerjaan sih. hahahaha..

MUKADIMMAH

Q : kayak mau ceramah aja makek mukadimmah bro ?

A : daripada gw makek abstrak dan latar belakang bro, hahaha

Basketball adalah… yaelah hari gini gak tw basket kuno amat lu bro gini aja mesti gw jelasin juga. hahaha. Itu loh olahrga yg terkenal dgn kesan cowok2 ganteng dan pujaan cewek2 di sekolah. Tapi bukan itu alesan gw milih basket sebagai my passion.

MJ Dunk

Jordan Dunk

Nih buat yg kagak tw ya, bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, permainan bola basket juga lebih kompetitif karena tempo permainan cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan olahraga bola yang lain, seperti voli dan sepak bola. Lebih detailnya ttg basket bisa ke tkp atau gugling aja banyak infonya.

PEMBUKAAN 

Marilah kita awali cerita ini dengan mengucapkan Basmallah.

Bismillahirrahmanirahim.. ^_^

 

ISI

Lebih enak bacanya klo sambil dengerin lagu ini gan. soalnya bakal panjang nih cerita. hahaha..

Ada yang tau itu lagu apa ??

yak itu adalah ost drama taiwan MVP Valentine atau di indonesia lebih dikenal dengan nama MVP Lover.  Mvp Lover tayang sekitar tahun 2002 di stasiun tv RCTI. Serial tv yang nyeritain tentang tim basket anak sma plus ada konflik cinta2 gitu deh. Inti ceritanya sih kalau kita berusaha dengan keras apa yang kita mimpikan bisa terwujud. Dreams come true lah istilahnya. Ini nih serial yang booming trus bikin orang Indonesia jadi ketagihan serial taiwan (saat itu) plus boyband-boyband taiwan.

MVP Lover

MVP Lover

Inilah awal pertemuan gw sama #basketball. Gw udh tw basket udh dr kelas 2 SD sih soalnya kk temen gw suka nonton NBA, tp gw gak tertarik sama sekali waktu itu. Gw coba ikutan nonton NBA selagi nunggu temen gw mandi malah ketiduran. Hahaha. Gak ada seru2nya masih seruan maen bola. Olahraga murah meriah, modal sendal (if u know what i mean) dan bola plastik doang. Waktu itu gw masih kelas 6 SD, ngeliat skill si chenfeng (tokoh utama MVP Lover) maen basket, gw jadi kagum gitu gan, jadi pengen belajar basket juga kan. Langsung dah pas bokap mw ke tokoh olahraga beli raket bultang gw ngikut, biar bisa beli bola basket. Alhasil gw dibeliin dah bola basket sama bokap. Esokan harinya di sekolah gw blg ke temen sekolah gw baru beli bola basket, dan temen gw jg nonton Mvp Lover, jadi kita janjian ntr sore mau maen basket di lapangan deket rumah gw. Gak ada yang namanya sepatu basket bro, makek sendal jepit doang kita mulai deh nembak2 ke ring. Ternyata susah juga ya, di film kyk gampang gitu masukin bolanya :p, mulailah nyobain drible ala chen feng. Sore demi sore berlalu setiap drible itu sensasi yg gw rasain itu kyk gw udh jago bgt maen basketnya, sampe pada suatu ketika dmn bola basket gw bentuknya gak bulet lagi, katanya sih krn sering di dudukin dan di drible di aspal, pdhl emg krn kualitasnya yg jelek gan, maklum bola karet murah. *nohope Trus serial Mvp lovernya tamat dan bola juga dah gk enak dimaenin jadi berenti dh basketnya.

Trus gw lulus SD, dan masuk SMP. Di SMP gw, ekskul basketnya lumayan berprestasi dan punya nama di kota gw. Bayangin aja mau masuk eksul basket aja ada seleksinya, soalnya peminatnya banyak banget gan. Klo gak salah sekitar 60 org lebih yg ikut seleksi, pas seleksi kita diajarin filosofi basket, aturan2 di basket, dan banyak latihan fisik gitu pas seleksinya. dan setelah 2 atau 3 minggu (lupa gw) seleksi, terpilihlah skitar 15 cowok dan 15 cewek anak kelas 1 yg berhasil dpt golden tiket tim basket termasuk gw.  Awal latihan itu lebih banyak ke latihan dasar, passing, drible, lay up, shooting, dan latihan fisik yg bikin setiap abis latian baju kita itu bisa diperes keringetnya. Singkat cerita gw dikasih bokap voucher Gramedia 300k pecahan @50k, langsung dah gw ke gramed buat beli komik. Th 2003 dulu harga komik masih @9500, jadi  dgn voucher 50k + nambah duit 7rb gw bisa beli 6 komik gan. waktu itu gw beli 2 komik doraemon, 1 komik kungfu komang dan 3 komik Slamdunk. gw gak tw sama sekali dgn komik Slamdunk bro, gw beli krn kyk pernah liat karakter komiknya di film boboho. Buat yang gak tw, ini nih gambarnya…

Slamdunk

Slamdunk

Manga karangan sensei Takehiko Inoue ini nyeritain tentang Hanamichi Sakuragi Si Rambut Merah yang seorang awam di dunia perbasketan, dimana dia ikut tim basket shohoku karena mau deketin Haruko yang ternyata adiknya Akagi Kapten basket Tim Shohoku, tetepi haruko suka sama Kaede Rukawa si Super Rookie. Komiknya seru, lucu, gokil dan setiap abis baca komik itu jadi gatel tangan pengen maen basket. Buat yg gak tw slamdunk nih udah ane bahas juga di Slamdunk, manga yang merubah industri manga dunia. Di jaman SMP inilah gw mulai menyukai basket, dgn basket badan gw tumbuh tinggi lbh cepet, walau masih kelas 1 gw udh diajak pelatih sparing melawan SMP2 laen bareng anak kelas 2 dan 3. Udah mw ujian kenaekan kelas, pelatih gw diterima kerja dan gak bisa ngelatih lagi dan digantiin sama temennya. Disinilah tragedi itu dimulai..

*nyeduh kopi dulu gan, masih panjang ceritanya. :0

Shohoku Basketball Team

Lanjut ya,, ada suatu tragedi yg nyebapin gw harus keluar dr tim basket, dan disitulah awal kehancuran tim basket putra SMP gw utk 3 tahun kedepan. Dibanding pelatih gw yg lama, pelatih gw yg baru ini skill basketnya bys2 aja. drible aja kadang lepas2. makanya gw dan temen2 mulai gak respect dgn cara melatih dia, pada suatu hari gw dan 1 temen gw pas latian banyak ketawa2 jadinya pas game di akhir latihan kita dihukum gak ikutan game dlu. Waktu itu yg maen anak cewek dulu, Pada saat anak cewek game, gw dan temen gw masih aja becanda. Ada anak cewek yg gagal ngelakuin layup. waktu itu pelatih stop game dan mulai nyontohin cara layup yg bener ke kita semua. “Come on, kita ini udah tw kali dasar lay up cuma dasar aja tuh cewek lagi gak konsen atau lagi banyak pikiran”,  itu yg ada di pikiran gw sebelum dia nyontohin lay up. pas dia layup dan bolanya masuk, gw teriak “yeee..” sambil tepuk tangan, pada saat itu cuma gw sndiri yg teriak dan temen yg sebelumnya ikutan ceng2in anak2 gk ikut teriak. langsung aja tuh pelatih lempar bola basket ke gw, sambil teriak “Gak usah ikut latihan lagi besok!!!”. Bak disambar petir, gw lgs terdiam, dan smw mata tertuju ke gw. dan latihan hari itu lgs disudahi dgn pelatih yg ngambek dan pulang dulan.

Gw akuin itu salah gw, pelatih ngerasa gw ngerendahin dia. walau dibilang gk ush ikut latihan lagi, di latian berikutnya gw ttp dtg. gw udh minta maaf dan pelatih cuma bilang, “ngapain kesini lagi ? kan udah dibilang gk usah ikut latian lagi!”. hari itu gw cuma duduk doang dipinggir lapangan ngeliatin temen2 latian, berharap pelatih mw maafin gw dan ngajak gw latihan. sampe latian selesai gw ttp gak dihirauin, mulai saat itu gw gak berenti basket. 1 bulan berlalu dan gw udah naek kelas 2. Karena gak lagi basket, gw nyari kesibukan dgn les MIPA dan bhs Inggris. Walau gak tiap kali dateng pelatih gw sebelumnya  dan pelatih kepala tim basket smp gw selalu ngebujuk gw utk ikut latian lagi krn udh mw ada turnamen. Ttp jadwal gw udah padet sama les dan gw jg msh sakit hati sama pelatih yg ngusir gw. And then temen2 cowok angkatan gw juga mulai berenti basket jg krn gk suka sama pelatih yg kemaren sampe akhirnya anak basket cowok angkatan gw abis, dan anak kelas 2 yg naek kelas 3 udah mau fokus UAN. dan anak kelas 1 masih baru ngerti dasar basket. Alhasil bbrp turnamen kita cuma ngirim tim putri, meskipun begitu tim putri SMP gw msh bisa dapetin juara 1 atau 2.

Tapi gw gk bisa berhenti maen basket, mulailah setiap sore gw dan temen2 gw yg udh pd berenti basket latian sndiri di lapangan tempat gw maen pas SD dulu, dan kita mulai diajakin maen 5 on 5 lawan org gede (rata2 anak kuliah dan kerja). *krn mereka kekurangan orang sih😡 Karena gk ada anak cowok kelas 2, ekskul basket buka pendaftaran lagi buat anak2 kelas 2 yg mau masuk tim basket. Ada sekitar 4 atau 5 orang yg masuk dan semuanya newbie. jadi mereka ikut latian dasar lagi brg anak2 kelas 1. So Tim Putra SMP gw cuma jadi penghibur klo turnamen, beda bgt sma tim putrinya. Sedih sih dengernya, tp ya nasi udh jadi bubur. Sampe pas classmeeting gw kelas 3, ada pertandingan basket antar kelas. Rata2 di kelas gw (3.1) isinya anak basket generasi pertama yg berenti, dan di kelas (3.5) anak2 basket generasi kedua yg baru join kelas 2. Kita ketemu di final, perkembangan mereka lumayan cepet dan strateginya jg bagus tp ttp kelas gw yg menang, soalnya kita jg selalu latian tiap sore, lawan org gede lagi. hohoho

Udahan dulu ya ceritanya, udah waktunya pulang kerja nih. mumpung bisa tenggo.. hahaha

Ntr gw lanjut lagi ceritanya…

 

~ @ariloszone ~

 

One response to “Me & Basketball (1)

  1. Pingback: Me & Basketball (2) | Arilo's Zone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s