Titanoboa : Ular Terbesar yang Pernah Ada

Dua orang dewasa terperangah melihat model replika dari seekor monster ular yang pernah hidup di bumi: Titanoboa. Jangan takut, ular raksasa itu adalah monster prasejarah yang, hidup di masa sesudah dinosaurus mengalami kepunahan.

 

Monster ini hidup sekitar 60 juta tahun lalu. Ia memiliki bobot yang diperkirakan lebih dari 1,1 ton, dan panjang yang hampir mencapai 15 meter. Ukurannya bisa begitu besar karena diperkirakan pada saat itu habitat ular ini sangat hangat.

 

Pada replika ini, terlihat bahwa Titanoboa tengah menelan seekor buaya. Replika ini dipertontonkan di Stasiun Grand Central New York pada 23 Maret 2012. Selanjutnya, mulai 30 Maret nanti, replika ini akan dipajang di National Museum of Natural History, Smithsonian, di Washington DC.

 

Titanoboa diperkirakan mulai ada sekitar 10 juta tahun setelah kepunahan dinosaurus, atau bahkan lebih lama lagi. Ini menjadikannya sebagai predator terbesar di bumi semenjak kepunahan dinosaurus.

 

Replika ini dibuat berdasarkan hasil temuan para peneliti terhadap fosil monster ular ini, di sebuah wilayah penambangan batubara di Kolombia. Para peneliti meyakini bahwa daerah itu merupakan daerah hutan hujan purba.

 

Ditemukannya Titanoboa merupakan sebuah penemuan besar bagi dunia penelitian. Sebab, tengkorak ular raksasa ini nyaris tidak ditemukan, karena sudah begitu rapuh dan mudah hancur.

sumber

One response to “Titanoboa : Ular Terbesar yang Pernah Ada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s