Lukisan Leonardo Da Vinci yang Hilang Selama 400 Tahun

Lukisan ini disebut-sebut sebagai salah satu lukisan Da Vinci yang paling berharga, namun hilang setelah kebakaran besar yang melanda Italia di abad ke-16.

Lukisan Leonardo Da Vinci yang Hilang Selama 400 Tahun, Ditemukan

SEBUAH lukisan karya Leonardo Da Vinci yang hilang selama empat abad, akhirnya ditemukan.

Lukisan itu tersimpan di tempat penyimpanan rahasia di balik mural di Florence, Italia.

Tim arkeolog yang dipimpin Maurizio Seracini menemukan lukisan ini di Palazzo Vechio, di balik lukisan mural karya Giorgio Vasari, pelukis yang wafat di tahun 1574.

Lukisan berjudul “The Battle of Anghiari” itu terungkap setelah Seracini menemukan tulisan “cerca trova – carilah dan kau akan temukan” di mural karya Vasari pada tahun 1970an. Seracini percaya, tulisan ini merujuk pada sebuah rahasia yang disembunyikan Vasari.

Selama 30 tahun, Seracini menggunakan teknik laser, thermal dan scan radar untuk mencari tahu makna di balik pesan rahasia itu. Seracini akhirnya menemukan pigmen gelap dan sampel bahan kimia yang digunakan Da Vinci saat melukis Mona Lisa.

“Saya telah menjelajah seisi Palazzo Vechio, ternyata rahasianya ada di balik fokus utama kami, lukisan mural Vasari. Apa yang kami temukan ternyata luar biasa,” ujar Seracini seperti dikutip Daily Mail, Selasa (12/3).

Di tahun 1503, Da Vinci diperintahkan oleh Gonfaloniere Piero Soderini untuk membuat lukisan yang menampilkan kemenangan dalam perang Anghiari. “The Battle of Anghiari” menjadi saksi bisu peperangan antara Milan dan tentara Italia yang dipimpin Republik Florence di tahun 1440.

Saat itu, Florence menjadi sentral kekuatan Italia dan masih mendominasi percaturan politik negeri pizza itu hingga ratusan tahun berikutnya.

Lukisan ini disebut-sebut sebagai salah satu lukisan Da Vinci yang paling berharga, namun hilang setelah kebakaran besar yang melanda Italia di abad ke-16. Rupanya, Vasari berhasil menyelamatkan lukisan ini dengan membangun tembok di depannya, kemudian mengisi tembok itu dengan mural.

“Kami masih di tahap awal penemuan lukisan ini, masih banyak riset yang harus kami lakukan untuk memecahkan misteri ini,” tutur Seracini kepada National Geographic.

Ya, Leonardo Da Vinci memang penuh misteri.

Sumber

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s